Cara Menggabungkan File PDF dengan Mudah

Suara.com – PDF merupakan format dokumen yang masih sering digunakan hingga saat ini. Namun, menggunakan PDF terkadang menimbulkan tantangan tersendiri ketika harus menggabungkan kedua file menjadi satu dokumen PDF.

Baik pengguna Mac atau Windows, berikut ini cara menggabungkan file PDF dengan mudah:

1. Menggunakan PDFgear

Salah satu metode untuk menggabungkan PDF adalah aplikasi gratis bernama PDFgear. Ini adalah aplikasi desktop yang mudah digunakan, memungkinkan pengguna menggabungkan PDF hanya dalam beberapa langkah.

Kunjungi situs web PDFgear dan unduh versi aplikasi yang sesuai untuk sistem operasi PC. Kemudian instal aplikasinya.Setelah terinstal, buka PDFgear. Pengguna akan disajikan layar menu utama yang menampilkan semua alat pengeditan PDF.Untuk menggabungkan PDF, pilih tab Merge & Split.Kemudian pilih tombol Merge PDF. Pada layar yang muncul, pilih Add File.Pilih file PDF yang ingin digabungkan, lalu pilih Open.Setelah file yang dipilih muncul di aplikasi PDFgear, cari kotak teks Output file name. Di kotak teks itu, edit nama file PDF yang akan segera digabungkan.Klik tombol Merge berwarna merah.Setelah penggabungan PDF pilihan pengguna selesai, pengguna akan secara otomatis diperlihatkan lokasi file PDF baru.Ilustrasi PDF. (Shutterstock)

2. Cara menggabungkan PDF di web

Ada sejumlah alat berbasis web gratis yang memungkinkan pengguna menggabungkan file PDF. Berikut ini beberapa alat populer untuk menggabungkan file PDF:

PDF Joiner

PDF Joiner sangat ideal untuk segala jenis perubahan dan perubahan format file. Pengguna dapat menggabungkan PDF dengan alat ini.

Tak hanya itu, pengguna juga dapat mengonversi dokumen akhir ke format dokumen atau gambar lain. Jika pengguna mencoba menggabungkan banyak format berbeda menjadi satu, alat ini berfungsi sebagai alternatif yang bagus.

Tetapi, alat ini memiliki kelemahan, yaitu hanya memungkinkan pengguna bekerja dengan 20 file sekaligus.

Smallpdf

Fitur terbaik Smallpdf adalah kemudahan mengunggah file langsung dari Dropbox atau Google Drive, yang sangat membantu jika pengguna mengerjakan proyek kolaboratif.

Alat ini juga menawarkan kinerja tingkat profesional. Namun, alat ini pun memiliki kekurangan, yaitu pengguna hanya dapat memproses hingga dua dokumen per hari secara gratis.

Ada begitu banyak cara berbeda untuk menggabungkan PDF sehingga pengguna cukup menyesuaikan sesuai dengan kebutuhan.

 

Updated: Desember 27, 2023 — 11:10 pm

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *