Kominfo Beri Penghargaan dan Fasilitasi Program UMKM Level Up 2023

jpnn.com, JAKARTA – Kementerian Komunikasi dan Informatika RI memberikan penghargaan kepada 10 UMKM terbaik dari 100 pelaku usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM), yang mengikuti Program Inkubasi Bisnis “UMKM Level Up Business Incubator” 2023, yang telah berhasil meningkatkan penjualan setelah mendapatkan pendampingan selama 6 bulan.

Kominfo juga memberikan penghargaan kepada 15 fasilitator terbaik dari 110 fasilitator yang telah melakukan pendampingan kepada 20 ribu UMKM, yang berhasil meningkatkan banyak UMKM yang naik kelas dari sisi adopsi teknologi dalam Program Adopsi Teknologi Digital 4.0 “UMKM Level Up” Tahun 2023.

“Di tengah ancaman resesi, pelaku UMKM menjadi penentu ekonomi nasional serta memegang peranan penting dalam pertumbuhan ekonomi Indonesia. Sebab, kelompok UMKM ini memiliki jumlah yang paling banyak dibanding unit usaha lain,” ujar Direktur Ekonomi Digital Kementerian Komunikasi dan Informatika, Boni Pudjianto.

Baca Juga:

Boni menambahkan, berdasarkan data Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM), UMKM memiliki kontribusi terhadap PDB yaitu sebesar 61,97% dari total PDB nasional atau setara dengan Rp8.500 triliun pada 2020.

“UMKM juga menyerap 97% tenaga kerja pada tahun yang sama. Begitu vitalnya peran UMKM menjadikan pemerintah di berbagai daerah selalu berusaha mewadahi dan memberikan dukungan atas kemajuan UMKM,” jelasnya.

“Sebagai penggerak roda perekonomian, UMKM merupakan unit usaha yang sangat beragam, mulai dari penjual keliling hingga industri rumahan,” imbuhnya.

Baca Juga:

Dalam upaya membangun ekonomi kerakyatan, Presiden Republik Indonesia Joko Widodo telah memberikan arahan untuk melakukan pengembangan UMKM Naik Kelas dan Modernisasi Koperasi.

Boni berharap UMKM dapat berkiprah di pasar digital walaupun hal tersebut bukanlah hal yang mudah.

 

Updated: Desember 2, 2023 — 12:15 pm

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *