Tahun Depan BUKA dan GOTO Diproyeksi Oke, Beli atau Jual?

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA — Research Analyst Mirae Asset Sekuritas Indonesia Christopher Rusli menyebutkan, ada dua perusahaan teknologi digital yang menjadi perhatian Mirae Asset saat ini, yaitu PT Bukalapak.com Tbk (BUKA, rekomendasi Trading Buy, TP Rp 240) dan PT GoTo Gojek Tokopedia Tbk (GOTO, rekomendasi Hold, TP Rp 94, under review).

BUKA, kata dia, akan diuntungkan dari ekspansi pada segmen specialty verticals dan segmen online to offline (O2O) melalui program Mitra Bukalapak ketika kondisi makroekonomi di Indonesia membaik. Faktor lain yang akan mendukung kinerja BUKA, sambungnya, yaitu posisi adjusted EBITDA perseroan yang lebih dulu berpotensi berbalik positif dibanding pesaing pada akhir 2023.

Baca Juga

Tiktok Ungkap Alasan Pilih Tokopedia Jadi Partner

TikTok Gandeng Tokopedia, Bahlil: Rasanya Sudah Hampir Clear

Anak Usaha Bukalapak Luncurkan Fitur Investasi Saham

GOTO pun dinilai memiliki prospek kinerja lebih cerah dibanding sebelumnya setelah pembelian 75 persen saham PT Tokopedia (Tokped) oleh ByteDance yang mengendalikan Tiktok. “Kinerja adjusted EBITDA perseroan akan semakin cepat positif dibanding prediksi sebelumnya,” ujar Christopher dalam Media Day di Jakarta, Kamis (14/12/2023).

Christopher menyebutkan, prospek GOTO itu didukung oleh lima faktor. Pertama, prediksi dikuasainya pangsa pasar Gross Merchandise Value (GMV) e-commerce setelah akuisisi Tokopedia oleh Tiktok sekitar 40 persen sampai 50 persen. Sebelumnya Shopee 36 persen, Tokopedia 35 persen, serta Tiktok Shop lima persen.

Kedua, sambungnya, keuangan yang lebih fleksibel. Ketiga, keuntungan dari penjualan live, karena pengguna Tiktok Indonesia merupakan tertinggi kedua di dunia. 

Keempat, potensi cross selling 125 juta pengguna Tiktok untuk layanan dan produk lain GOTO. Kelima, penurunan beban biaya GOTO, karena beban Tokopedia tidak lagi terkonsolidasi ke kinerja GoTo Gojek Tokopedia.

Yuk gabung diskusi sepak bola di sini …

 

Updated: Desember 14, 2023 — 8:30 am

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *