UM Surabaya jadi PTS Nomor 1 Peraih PKM Terbanyak di Surabaya

Universitas Muhammadiyah Surabaya (UM Surabaya) berhasil menempati urutan pertama sebagai Peguruan Tinggi Swasta (PTS) di Surabaya dengan pendanaan proposal terbanyak dari Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi Kemendikbudristek. Pada tahun ini UM Surabaya berhasil meraih pendanaan sebanyak 18 proposal.

Ma’ruf Sya’ban Wakil Rektor III Bidang Inovasi Sumber Daya Manusia  mengaku bersyukur UM Surabaya bisa menempati posisi pertama. Ma’ruf bahkan menyebut bahwa raihan posisi pertama ini bukan kali pertama, pasalnya pada tahun 2022 UM Surabaya juga menempati posisi pertama peraih PKM terbanyak se-Surabaya.

“Tentu ini menjadi capaian yang luar biasa oleh UM Surabaya di bawah naungan Biro Administrasi Kemahasiswaan  Alumni dan Inovasi (BAKAI) yang terus berupaya konsisten dalam mempertahankan di posisi atas,”ujar Ma,ruf Sabtu (20/4/24)

Menurutnya, apa yang diraih oleh UM Surabaya secara berturut-turut ini menjadi bukti kerja keras dari seluruh pihak. Menurutnya untuk mempertahankan posisi ini  beberapa tahapan harus dilalui mahasiswa agar proposalnya bisa terunggah dengan sempurna, mahasiswa harus mengikuti seleksi proposal internal yang direview langsung oleh tim reviewer kampus yang melibatkan dosen sesuai keilmuan masing-masing, sehingga proposal yang terunggah bukan proposal yang dibuat secara asal-asalan melainkan telah melewati seleksi. 

“Hal ini dilakukan supaya proposal yang dikirim tidak asal-asalan dan memang proposal yang layak mulai dari administrasi hingga isi,”imbuhnya lagi.

Sementara itu, Khoirul Anam Kepala BAKAI UM Surabaya menegaskan, ke depan UM Surabaya akan terus konsisten dalam mempertahankan prestasi dan akan terus meningkatkan kinerja dari berbagai lini.

“Meski di posisi pertama harapannya di tahun selanjutnya secara kuantitas jumlah UM Surabaya akan lebih banyak meloloskan lebih banyak proposal lagi,”ujarnya. 

Sebagai Kepala Biro yang fokus pada bidang kemahasiswaan, Khoirul berharap PKM yang lolos ini tidak hanya berdampak pada mahasiswa atau universitas, tapi memiliki dampak yang besar bagi masyarakat secara luas.

“Selain gagasan kreatif dan inovatif Program Kreatifitas Mahasiswa (PKM) harus bisa membantu masyarakat, mampu memberikan peningkatan kecerdasan, keterampilan dan pengetahuan masyarakat, pelatihan keterampilan kelompok masyarakat dan pengembangan,”pungkasnya.

Berikut 10 besar PTS di Surabaya Raihan PKM Terbanyak 2024

1. Universitas Muhammadiyah Surabaya       18

2. Universitas Nahdlatul Ulama Surabaya      14

3. Universitas Hang Tuah       10

4. Universitas Wijaya Kusuma Surabaya       8

5. Universitas Surabaya          6

6. Universitas 17 Agustus 1945 Surabaya      6

7. Universitas Narotama         5

8. Universitas Katolik Widya Mandala Surabaya      4

9. Universitas PGRI Adi Buana Surabaya      3

10. Universitas Ciputra Surabaya       2

 

Updated: April 19, 2024 — 5:00 pm

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *