UM Surabaya Masuk 5 Besar Kampus Muhammadiyah Terbaik Versi Webometrics 2024

Lembaga pemeringkatan Webometrics Ranking of World Universities (Webometrics) baru saja merilis peringkat universitas di seluruh dunia per Januari Tahun 2024. Berdasarkan pemeringkatan tersebut, Universitas Muhammadiyah Surabaya (UM Surabaya) menduduki peringkat ke-5 Kampus Perguruan Tinggi Muhammadiyah/Aisyiah (PTMA) terbaik di Indonesia.

10 PTM terbaik itu adalah: (1) Universitas Muhammadiyah Yogyakarta, (2) Universitas Muhammadiyah Malang, (3) Universitas Muhammadiyah Surakarta, (4) Universitas Ahmad Dahlan, (5) Universitas Muhammadiyah Surabaya, (6) Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. Hamka, (7) Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara (8) Universitas Muhammadiyah Jakarta, (9) Universitas Muhammadiyah Semarang, dan (10) Universitas Muhammadiyah Purworejo.

Webometrics merupakan sistem pemeringkatan untuk perguruan tinggi di dunia dalam hal kinerja dan dampak publikasi dengan memperhitungkan tiga indikator yaitu openness, excellence dan visibility.

Webometrics merilis daftar universitas terbaik di Indonesia yang termasuk Universitas Swasta dengan berdasarkan performa secara global.

Penilaian tersebut pertama berdasarkan konten web, seberapa banyak jumlah jaringan eksternal yang tertaut ke halaman web institusi dan dihitung dengan bobot nilai 50%.

Kedua penilaian keterbukaan. Artinya jumlah kutipan peneliti termuka di bawah domain website Universitas yang banyak dicari dalam metodologi ini memiliki bobot nilai sebesar 10%.

Penilaian ketiga, berdasarkan keunggulan jumlah makalah atau artikel ilmiah publikasi universitas yang banyak dikutip seperti pada Google Scholar dengan penilaian sebanyak 40%.

Mundakir Wakil Rektor IV UM Surabaya yang membidangi Kerjasama, Al Islam, Kemuhammadiyahan dan Digitalisasi menanggapi positif hasil yang dirilis Webometrics Januari 2024. Menurutnya UM Surabaya layak memperoleh peringkat ini, berkat usaha universitas dalam meningkatkan kualitas dalam segala aspek.

“Terimakasih kepada seluruh civitas akademika UM Surabaya atas semua kerja keras, sehingga UM Surabaya menjadi salah satu perguruan tinggi Muhammadiyah terbaik di Indonesia,” ujar Mundakir Rabu (31/1/24)

Lebih lanjut lagi, Mundakir berharap prestasi ini akan terus mengalami kenaikan sehingga target  UM Surabaya menuju kampus unggul bisa tercapai.

Menurutnya UM Surabaya akan terus berkomitmen menjadi institusi pendidikan tinggi yang inovatif, Mundakir mengingatkan hasil yang diperoleh hari ini jangan membuat cepat puas, terus tingkatkan kinerja dan mari bersama-sama mewujudkan UM Surabaya menjadi yang terbaik dan diperhitungkan di skala global.

Di akhir keterangannya, ia berharap agar prestasi ini menjadi acuan bagi seluruh civitas akademika agar sama-sama bersinergi dan terus berkarya agar semakin banyak capaian yang diraih.

Webometrics merupakan sistem pemeringkatan yang dilakukan berbasis website terhadap Perguruan Tinggi se-dunia. Webometrics melakukan penilaian berdasarkan aspek kehadiran dan visibilitas web sebagai indikator kinerja global sebuah universitas.

 

Updated: Januari 30, 2024 — 5:00 pm

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *